Petilasan Suru Kubeng, Tempat Ki Ageng Kutu Membangun Kerajaan Barunya

- 22 Februari 2021, 07:26 WIB
Tempat pertapaan atau berdoa //Trenggalekpedia.com/ Dani Saputra

TRENGGALEKPEDIA.COM - Selain dikenal dengan budaya Reognya, Ponorogo juga dikenal sebagai tempat yang banyak meninggalkan petilasan bersejarah. Tidak terkecuali yang kini ada di Desa Kutu Kecamatan Jetis.

Ketika waktu itu Majapahit masih menguasai wilayah yang kini disebut Ponorogo, di sana ada sebuah Kademangan (distrik) bernama Kademangan Kutu.

Demang dari Kutu tersebut bernama Ki Ageng Ketut Surya Ngalam (Ki Ageng Kutu), di mana ia awalnya merupakan pembantu yang sangat dekat dengan Raja Majapahit, Prabu Brawijaya V.

Baca Juga: Kembali Memanas, China Ketahuan Membangun Pangkalan Militer Besar-besaran di Laut Natuna Utara

Karena ada konflik di kerajaan yang tidak sejalan dengan dirinya, Ki Ageng Kutu akhirnya membangun peradaban baru, tepatnya di tenggara Gunung Lawu sampai barat Gunung Wilis. Atau yang kemudian lebih dikenal dengan nama Wengker.

Lokasi petilasan tersebut tepatnya berada di sebuah persawahan rakyat di Desa Kutu Wetan. Tempat tersebut banyak ditumbuhi rumput-rimbun dan di sekitarnya banyak pohon suru yang tumbuh.

Masyarakat setempat kemudian menamai tempat itu dengan Suru Kubeng. Selain karena banyaknya pohon suru yang tumbuh, yang kini sebagian telah dibabat dan dibersihkan, masyarakat setempat meyakini bahwa tempat tersebut merupakan petilasan dari Demang Surya Alam. Yakni seorang Senopati atau prajurit Majapahit, yang memiliki kesaktian luar biasa.

Baca Juga: Israel Danai Vaksin Covid-19 untuk Suriah Sebagai Rasa Simpatik Pertukaran Tahanan Warga Sipilnya

“Banyak masyarakat meyakini jika tempat tersebut sebagai petilasan Padepokan Suru Kubeng milik Demang Surya Alam. Dulu itu, tempat tersebut merupakan panggon bagi murid-murid Suru Kubeng untuk mendapat pendadaran dan diajarai ilmu kesaktian oleh Demang Surya Alam,” tutur Mbah Jito selaku juru kunci petilasan Suru Kubeng tersebut.

Halaman:

Editor: Rendi Mahendra


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X