Harga Cabai di Kediri Terus Merangkak Naik, Sentuh Rp80.000 per Kilogram

- 22 Februari 2021, 22:24 WIB
Pedagang memilah cabai yang akan dijual di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu 16 Desember 2020. /.ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj/ANTARA FOTO

TRENGGALEKPEDIA.COM - Harga cabai terus merangkak naik, khususnya di Pare, Kediri. Curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir dinilai menjadi salah satu penyebab naiknya harga cabai.

Menukil dari laman Kominfo Jatim, Ketua Paguyupan Petani Cabai Indonesia Jawa Timur, Suyono mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi banyak berpengaruh pada petikan cabai sehingga berpengaruh pada harga.

Selain itu, banyaknya bencana yang di berbagai daerah juga berpengaruh terhadap distribusi cabai antar daerah.

Baca Juga: Sinopsis Film SELF/LESS: Milyader Kaya Pindahkan Nyawa ke Tubuh lain

Meskipun demikian, persediaan cabai di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabai di Jawa Timur masih cukup.

Sedangkan untuk harga cabai merah keritin dan cabai merah biasa masih stabil. Tetapi untuk cabai rawit di sentra cabai di Pare Kediri, cenderung terus naik karena pasokan dari petani sedikit berkurang akibat dari curah hujan yang tinggi.

Baca Juga: Pemerintah Memangkas Cuti Bersama 2021 Menjadi 2 Hari

Berdasarkan data harga cabai di tingkat distributor sentra cabai Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada Senin 22 Februari 2021, fluktuatif.

Untuk cabai besar varitas gada saat ini Rp30.000 per kilogram dan cabai merah besar varitas imola Rp27.000 per kilogram, serta cabai merah besar keriting rata-rata Rp40.000 per kilogram.

Selain itu, harga cabe rawit merah kecil varitas ori 212 Rp80.000 per kilogram, cabai rawit varitas lokal Pagu Kediri dijual dengan harga Rp77.000 per kilogram, cabai rawit varitas prentul stroberi dan kencana Rp78.000 kilogram, cabai rawit varitas baskara Rp69.000 per kilogram, dan cabai rawit varitas dewata Rp70.000 per kilogram.

Baca Juga: Tulungagung Segera Buka Kembali Objek Wisata yang Sempat ditutup

Suyono mengatakan, harga cabai khususnya cabai rawit baik di pasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung naik.

Sementara itu, data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (siskaperbapo) Disperindag Jawa Timur, harga cabai rata-rata untuk cabai rawit Rp87.000 per kilogram naik dibandingkan pada minggu kedua Februari 2021 yakni Rp50.000 per kilogram.

Halaman:

Editor: Okpriabdhu Mahtinu

Sumber: Kominfo Jatim


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X