Leang Bulu Sipong 4, Gambar Cadas Tertua di Dunia Berusia 44.000 Tahun

- 23 Februari 2021, 13:37 WIB
Tangkap layar Leang Bulu Sipong 4. /YouTube.com/Budaya Saya.

TRENGGALEKPEDIA.COM - Situs Leang Bulu Sipong 4 yang berada di Sulawesi Selatan tepatnya di Maros, Pangkep, menyimpan karya lukis yang dinilai sebagai gambar cadas figuratif bercerita tertua di dunia.

Di Indonesia, dari pulau Sumatera hingga Papua banyak ditemukan gua yang diindikasikan pernah dihuni atau menjadi tempat aktivitas manusia purba. Kurang dari setengahnya, merupakan gua yang memiliki lukisan atas gambar cadas.

Jejak-jejak purba di dunia ini di kemas dalam film dokumenter 'Leang Bulu Sipong' yang tayang perdana di YouTube Budaya Saya, salah satu channel kebudayaan yang di kelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan diunggah pada Selasa 23 Februari 2021. 

Baca Juga: Masyarakat Kediri Heboh Terima Pesan Berisi Bantuan Dana dari BPJS Kesehatan

Dari gugusan kars yang menjulang tinggi, terdapat gua gua purba yang terbentuk dari jalan air selama jutaan tahun.

Tim Arkeologi Indoneisa yang berkolaborasi dengan Griffith University Autralia, berhasil mengidentifikasi gambar cadas yang memiliki panjang 4,5 meter dan lebar 3 meter.

Identifikasi melalui analisi pertanggalan dengan metode Uranium Series Dating pada kolaroid spheleothems diketahhui bahwa umur dari lukisan gambar cadas ini berkisar 44.000 tahun.

Baca Juga: Masuk Festival Film Berlin ke-71, 'Fighter' akan Dirilis 18 Maret

Arkeolog dari Pusat Arkeologi Nasional, Adhi Agus Octaviana menjelaskan, pada bagian gambar cadas tersebut terdapat gambar sekelompok 6 orang yang disebutnya sebagai theriantropik sedang berburu hewan yang mirip dengan anoa.

Halaman:

Editor: Okpriabdhu Mahtinu

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X