Biodata Tan Malaka, Pejuang Kemerdekaan Indonesia yang Lahir Pada Tanggal 2 Juni

- 2 Juni 2022, 15:18 WIB
Tanggal 2 Juni menjadi harikelahian dari salah seorang pejuang Indonesia, Tan Malaka. Berikut Ini Biodata lengkap Tan Malaka.
Tanggal 2 Juni menjadi harikelahian dari salah seorang pejuang Indonesia, Tan Malaka. Berikut Ini Biodata lengkap Tan Malaka. /Tangkap layar perpusnas

TRENGGALEKPEDIA.COM – Aryikel ini akan memberikan informasi seputr biodata Tan Malaka salah seorang pejuang Indonesia yang lahir pada tanggal 2 Juni

Tan Malaka atau Nama lengkapnya Ibrahim Datuk Sutan Malaka merupakan salah seorang pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Selain itu ia juga seorang pendiri partai Murba dan juga dikenal sebagai pahlawan Nasional Indonesia.

Beliau lahir pada tanggal 2 Juni 1897 di Sumatera Barat. Dalam sejarahnya Tan Malaka dikenal sebagai pejuang yang gigih. Ia memiliki banyak tulisan yang hingga kini masih dipandang dan digunakan.

Pikiran-pikiran Tan Malaka, masih sangat kat dan melekat pada bangsa indonesia, bahkan dahulu, buah pikir Tan Malaka juga dipandang dan digunakan oleh negara-negara besar pada waktu itu, seperti Tiongkok, dan Uni Soviet.

Baca Juga: Kota Ende NTT, Lokasi Upacara Hari Lahir Pancasila Menyimpan Fakta Sejarah yang Jarang Diketahui

Masa Muda

Nama asli dari Tan malaka Sendiri adalh Ibrahim, namun saat muda sampai dewasa ia lebih dikenal dengan Tan Malaka dengan mewarisi sebuah nama kehormatan dan semi-bangsawan, ia mewarisi dari latar belakang bangsawan ibunya.

Tan Malaka lahir di Nagari Pandam Gadang, sekarang bernama Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, yang saat itu berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda pada tanggal 2 Juni 1897.

Halaman:

Editor: Okpriabdhu Mahtinu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah