Horeee! 4 Bansos Ini Cair Mei 2024, Ada BNPT, PKH, hingga BLT Mitigasi Risiko Pangan

- 30 April 2024, 10:10 WIB
Horeee! 4 Bansos Ini Cair Mei 2024, Ada BNPT, PKH, hingga BLT Mitigasi Risiko Pangan
Horeee! 4 Bansos Ini Cair Mei 2024, Ada BNPT, PKH, hingga BLT Mitigasi Risiko Pangan /

TrenggalekPedia - Bulan Mei 2024 membawa kabar gembira bagi masyarakat penerima bantuan sosial (Bansos).

Sejumlah program bantuan yang dinantikan akan segera disalurkan, memberikan bantuan ekonomi yang sangat dibutuhkan bagi keluarga yang kurang mampu. Inilah rangkuman dari beberapa program bansos yang akan cair pada bulan Mei 2024:

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Program BPNT akan mengalirkan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT murni dan KPM PKH plus BPNT.

Bantuan ini dapat diambil di PT Pos Indonesia terdekat. Selain itu, KPM juga memiliki opsi untuk mencairkan BPNT selama 3 bulan sekaligus, sehingga total bantuan mencapai Rp 600 ribu.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Penerima KPM PKH plus BPNT juga akan menerima Bansos PKH pada bulan Mei 2024. Bantuan yang diterima akan disesuaikan dengan komponen yang dimiliki dalam keluarga, dengan rentang nominal mulai dari Rp 225 ribu hingga Rp 750 ribu.

Program Indonesia Pintar (PIP)

Dana PIP bagi anak sekolah yang terdaftar di Kemendikbud akan disalurkan, namun KPM diharapkan untuk segera mengaktivasi rekening mereka di sekolah.

Proses pencairan dilakukan dengan mendatangi bank penyalur dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan.

Bantuan Sosial Masyarakat Berdampak (BLT MRP)

Bansos MRP atau bantuan beras seberat 10 Kg juga akan disalurkan pada bulan Mei 2024, masuk dalam tahap kelima penyaluran.

Sesuai dengan janji Presiden, bantuan ini akan berlanjut hingga bulan Juni 2024. Proses pencairan dilakukan melalui PT Pos Indonesia atau melalui penyaluran langsung oleh pemerintah desa dan kelurahan.

Halaman:

Editor: Dani Saputra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah