Bansos PKH Balita Cair hingga Rp3 Juta di Bulan Januari 2024, Hanya Modal e-KTP untuk Mencairkanya

- 12 Januari 2024, 18:14 WIB
Bansos PKH balita kembali cair tahap pertama Januari 2024
Bansos PKH balita kembali cair tahap pertama Januari 2024 /Tim TP/

TRENGGALEKPEDIA.COM - Ada banyak jenis bansos yang akan cair di Januari 2024 ini, salah satunya bansos PKH.

Bansos PKH bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejateran masyarakat dengan menyalurkan bantuan tunai oleh Kemensos (Kementrian Sosial).

Bansos PKH untuk balita di tahun 2024 ini mencapai Rp3 juta yang dilakukan dengan 4 kali pencairan. Jadi setiap pencairan sebesar Rp750 ribu.

Selanjutnya, bagaimana untuk bansos PKH usia SD, SMP dan yang lainya? Jadi, besaran nominal yang diterima setiap keluarga belum tentu sama. Hal ini dikarenakan penerima bansos PKH dikelompokkan menjadi tujuh golongan.

Baca Juga: Selain Bansos PKH, Keluarga Miskin di Magetan Dapat 2 Bantuan Tambahan dalam Bentuk Uang dan Beras Tahun 2024

Setiap golongan akan memperoleh nominal dengan besaran yang berbeda sesuai dengan perkiraan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kemensos. 

Pengelompokan tujuh golongan tersebut yaitu balita, ibu hamil dan masa nifas, siswa SD/ SMP/ SMA, lansia yang usianya diatas 70 tahun, dan penyandang disabilitas. 

Balita yang usianya 0-6 tahun akan mendapatkan bansos PKH sebesar Rp3 juta dalam satu tahun atau Rp750 ribu setiap tahapnya. Kemudian, ibu hamil dan masa nifas akan mendapatkan Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu setiap tahap.

Selanjutnya, untuk siswa Sekolah Dasar (SD) akan mendapatkan bansos PKH sebesar Rp900 ribu per tahun atau Rp225 ribu dalam setiap tahap pencairan. 

Halaman:

Editor: Dani Saputra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah