Strategi Public Relations, Publikasi Sebagai Pendekatan Persuasif dan Edukatif

- 17 Mei 2022, 14:04 WIB
Mengulik tentang Public Relations, mulai dari program strategi, aspek yang harus dituju, hingga cara menerapkan untuk mencapai tujuan
Mengulik tentang Public Relations, mulai dari program strategi, aspek yang harus dituju, hingga cara menerapkan untuk mencapai tujuan /Jopwell/Pexels

TRENGGALEKPEDIA.COM - Public Relations (PR) adalah salah satu subbab komunikasi. Komunikasi ialah tulang punggung dalam kegiatan PR.

Dengan demikian, praktik PR adalah "menjembatani" antara perusahaan atau organisasi dengan publik terutama dalam mencapai hubungan mutual understanding (saling pengertian).

Strategi Public Relations

Ada pula tahap-tahap strategi public relations, diantaranya para stakeholder dan publik yang mempunyai kepentingan yang sama.

Sasaran umum tersebut secara struktural dan formal yang dipersempit melalui upaya segmentasi yang dilandasi "seberapa jauh sasaran itu menyandang opini bersama (common opinion), potensi polemik, dan pengaruhnya bagi masa depan organisasi, lembaga, hama perusahaan, dan produk yang menjadi perhatian sasaran khusus".

Baca Juga: Beberapa Tips Memanfaatkan HP Untuk Mendapatkan Penghasilan

Maksud sasaran khusus di sini adalah yang disebut publik sasaran (target public).

Kedua, komponen sarana (Adnanputra, 1990) yang pada strategi Public Relations berfungsi untuk mengarahkan ketiga kemungkinan tersebut ke arah posisi atau dimensi yang menguntungkan.

Hal tersebut dilaksanakan melalui pola dasar “The 3-C’s option” (Conservation, Change dan Crystallization) dari stakeholder yang disegmentasikan menjadi publik sasaran.

Halaman:

Editor: Okpriabdhu Mahtinu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x