Apakah Biaya Rontgen Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan 2024? Berikut Ini Penjelasannya

- 30 Januari 2024, 15:00 WIB
Apakah Biaya Rontgen Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan 2024? Berikut Ini Penjelasannya
Apakah Biaya Rontgen Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan 2024? Berikut Ini Penjelasannya /Istimewa/

TRENGGALEKPEDIA.COM - Simak penjelasan apakah biaya rontgen gigi akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan di tahun 2024 atau tidak

Kesehatan gigi adalah bagian penting dari perawatan kesehatan umum, dan tindakan medis seperti rontgen gigi seringkali diperlukan untuk mengevaluasi dan menangani berbagai masalah gigi.

Namun, apakah rontgen gigi termasuk dalam layanan yang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan? Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Rontgen?

Rontgen merupakan sebuah tindakan medis yang menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik untuk memperoleh gambar bagian dalam tubuh.

Dalam konteks gigi, rontgen gigi digunakan untuk mendeteksi masalah gigi dan struktur di sekitarnya.

Sebelum menjalani prosedur seperti pencabutan gigi bungsu atau pemasangan gigi palsu, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan rontgen gigi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Baca Juga: Pinjam Uang Rp25 Juta Lebih Aman dan Mudah di Dana Siaga BPJS Ketenagakerjaan Tahun 2024, Ini Syaratnya

Efek Samping Rontgen

Meskipun radiasi yang digunakan dalam rontgen memiliki potensi memicu pertumbuhan sel kanker, risikonya sangat rendah dan umumnya dianggap aman.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menjalani rontgen gigi termasuk sensasi logam di dalam mulut, pusing, mual, diare, gatal, bercak-bercak merah pada kulit, dan sesak nafas.

Halaman:

Editor: Dani Saputra

Sumber: BPJS Kesehatan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x